IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM)

Welcome dear,

welcome to my blogg. Thisblog contains various kinds of lessons, sharing, and always increasing

Saturday, June 11, 2011

BESARAN

Menurut Fisika, besaran adalah : segala sesuatu yang dapat diukur, dinyatakan dengan angka dan satuan. Besaran menurut satuannya dibedakan menjadi 2 yaitu : 
Besaran  pokok dan besaran turunan 
Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah didefinisikan terlebih dahulu. 
(kalian tidak usah bingung mengenai pengertian ini. besaran pokok ada 7. Menghafalkan nomor HP saja hafal, apalagi menghafalkan besaran pokok yang jumlahnya hanya 7(PaMan Waktu Kumat Suka Injak Jumini) .hehehehehe. lucu apa g? .kalian bisa mambuat yang lucu lucu upaya bisa tiringat. kalau tidak bisa membuat akan saja coba buatkan untuk yang lainnya.... bila di terjemahkan (Panjang, Massa, Waktu, Kuat arus, Suhu, Intensitas cahaya, Jumlah Zat)

nah untuk satuan yang dipakai oleh besaran pokok ada yang menganut MKS (Meter,Kilogram, Sekon) dan CGS (Centimeter, Gram, Sekon). MKS bisa dikatakan Satuan menurut SI (Standart International) 

Besaran turunan adalah besaran yang satuannya didapat dari besaran pokok 
Contoh dari besaran turunan adalah misalkan Luas. Kenapa Luas bisa dikatakan sebagai besaran turunan... 
mari kita lihat rumus dari salah satu luas bidang. Misalkan saja Luas Persegi panjang = Panjang x Lebar. Jika dinyatakan dengan satuan, Luas = meter x meter. Nah Meter x meter = m kuadrat  . Meter kuadrat adalah satuan didapat dari meter. 
coba sebagai latihan 
Sebutkan Besaran Turunan yang lainnya? 

Besaran menurut besar dan arah dibedakan menjadi 2 yaitu 
Besaran Vektor dan Besaran Skalar
Besaran Vektor adalah besaran yang dapat dinyatakan dengan nilai dan arah. Nilai yang dimaksud disini adalah angka. Jadi besaran Vektor ini bisa diukur dan ada angkanya. Sedangkan arah yang dimaksud disini adalah bahwa besaran tersebut wajib ada arah gerakannya. Adik adik tidak usah bingung.. .  Misalkan sebuah buku diletakkan di atas telapak tangan kalian.. telapak tangan kalian merasakan ada yang menekan ke bawah bukan? nah yang menekan kebawah itu adalah sebuag gaya berat buku karena tarikan bumi (gravitasi). Nah kalimat KE BAWAH   menyatakan ARAH.. B
Bagaimana dengan angkanya atau nilainya. kalian coba menimbang berat buku tersebut, pasti akan menunjukkan nilai atau angka. misalkan berat buku 5 Newton. 5 itulah angkanya. paham?
Latihan yah? SEBUTKAN besaran besaran vektor yang lain !

Besaran skalar adalah besaran yang hanya dinyatakan dengan angka saja. Misalkan kalian mengukur SUHU tubuh kalian, maka akan menunjukkan SUHU 37 derajad celcius. TIDAK MUNGKIN ADA ARAHNYA. 37 MERUPAKAN ANGKANYA.
Biasa... hehe Latihan... SEBUTKAN besaran besaran skalar lain!

Demikan dulu bahasan dari saya semoga memberi manfaat kepada kalian yahhh....

salam CERDAS

No comments:

Post a Comment